Home / Profil Penyakit / Gejala Sakit Radang Usus Buntu

Gejala Sakit Radang Usus Buntu

Usus buntu adalah salah satu bagian dari organ saluran pencernaan. Namun, masyarakat sering rancu dengan istilah Radang Usus Buntu. Kadang-kadang untuk menyebut radang usus buntu hanya disingkat dengan istilah usus buntu. Usus buntu (appendiks) merupakan organ berbentuk tabung, dengan panjang sekitar 10 cm (orang dewasa), lebarnya separo jari kelingking, jadi merupakan ruangan yang sangat sempit. Usus buntu berpangkal pada sekum (perbatasan antara usus halus dan usus besar). Fungsi usus buntu berkaitan dengan sisitem kekebalan tubuh, yaitu menghasilkan Immunoglobulin A (IgA). IgA merupakan salah satu immunoglobulin (antibodi) yang sangat efektif melindungi tubuh dari infeksi kuman penyakit.

Pathofisiologi

Usus buntu adalah salah satu bagian dari organ saluran pencernaan. Usus buntu dapat mengalami peradangan yang disebut dengan Radang usus buntu. Beberapa faktor penyebabnya antara lain adalah: Infeksi oleh karena Bakteri, Penyumbatan oleh sisa-sisa makanan, Hambatan oleh aliran lendir usus yang menumpuk pada saluran usus buntu.

Usus buntu yang terinfeksi akan mengalami perforasi (pecah), dengan melepaskan bakteri ke dalam rongga perut. Hal ini kemudian dapat menimbulkan peritonitis, suatu komplikasi fatal yang dapat menyebabkan kematian, dimana peritoneum, selaput yang membatasi rongga perut dan menutup lambung serta usus halus menjadi meradang.

Gejala klinis

Mual muntah

Nyeri kanan bawah

Kadang mengalami demam

Bisa disertai diare / nyeri saat kencing

Penatalaksanaan

Cara mengatasi Radang Usus Buntu (Appendiksitis) perlu memperhatikan kondisinya. Apabila sudah terjadi Peradangan usus yang akut maka cara pembedahan dapat dijadikan sebagai pertimbangan utama. Operasi bedah ini disebut Appendectomy merupakan pembedahan untuk mengangkat appendiks yang meradang sebelum pecah, dan pengangkatan usus buntu tidak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sebab appendiks merupakan bagian yang kecil jika dibandingkan dengan panjang saluran pencernaan yang juga mengahasilkan immunoglobulin A.

 

zRadang Usus Buntu (web-version)

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha