Home / Profil Penyakit / Hernia Mesh
Hernia Mesh

Hernia Mesh

Definisi

Hernia merupakan tonjolan yang keluar dari organ atau jaringan lain akibat adanya bukaan yang tak normal pada tubuh. Hernia dapat dilihat & dirasakan, biasanya kita dapat merasakan adanya hernia tersebut dari benjolan ataupun seperti bengkak disekitar perut ataupun pangkal paha yang bisa hilang atau tetap muncul saat berbaring ataupun saat ditekan.

Pathofisiologi

Ada hernia yang sudah muncul sejak lahir, ada juga yang berkembang dalam hitungan bulan atau tahun, tetapi ada juga hernia yang muncul tiba-tiba, pada prinsipnya hernia dapat dijumpai pada setiap usia, tetapi kejadian hernia pada umumnya sering ditemui pada orang dewasa, Hernia terjadi karena adanya kelemahan pada bagian dinding perut sehingga bagian organ yang lain seperti usus dapat keluar. Sebenarnya tidak umum/jarang bagi seseorang untuk mempunyai kelemahan pada dinding perut sejak lahir, biasanya kelemahan pada bagian perut tersebut terjadi seiring berjalannya waktu atau dari luka bekas irisan operasi. Adanya tekanan dari organ atau jaringan tubuh pada dinding perut yang lemah tersebutlah yang menyebabkan organ menonjol keluar. Faktor yang dapat mempengaruhi lemahnya dinding perut antara lain adalahfaktor  usia, merokok serta kegemukan.

Gejala klinis

  • Benjolan pada lipat paha / perut.
  • Dapat / pernah keluar masuk.
  • Bertambah besar saat bekerja / atau berjalan.
  • Bila terjepit akan terasa nyeri hebat, tidak bisa berak dan buang angina

Penatalaksanaan

Pengangan kasus hernia dilakukan dengan cara pembedahan atau operasi. Dewasa ini telah diperkenalkan metode penganganan hernia dengan menggunakan Hernia Mesh yaitu, penutupan lubang hernia dengan bahan sintetis yaitu mesh yang berbentuk semacam kasa halus elastis yang berfungsi sebagai pelapis pada jaringan yang lemah/lubang tersebut dan bersifat diserap oleh tubuh/menjadi daging. Pemakaian tehnik ini cukup efektif dengan angka kekambuhan 0-2% dan dapat dikerjakan dengan anestesi/pembiusan lokal maupun regional. Mesh hernia bersifat diserab tubuh, tahan infeksi, kuat, dan tidak menimbulkan reaksi dengan jaringan sekitarnya.

Keuntungan Mesh

Aman, terutama pada pasien dengan penyakit penyerta yang kronis.

  • Efektif dan kuat.
  • Penyembuhan berlangsung lebih cepat.
  • Nyeri pasca operasi minimal.
  • Jarang menimbulkan komplikasi.
  • Mengurangi angka kekambuhan

 

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha