Home / Profil Penyakit / Informasi Tentang Penyumbatan Usus

Informasi Tentang Penyumbatan Usus

Penyumbatan usus (web-version)

Definisi

Terjadinya kelainan pada usus karena disebabkan oleh beberapa kasus antara lain : Hernia Inkarserata, Invaginasi, Adhesi/Perlengketan, Volvulus/Puntiran, Tumor/Keganasan, Bolus Cacing. Sehingga terjadi penyumbatan pada saluran usus

Pathofisiologi

Obstruksi ileus merupakan penyumbatan intestinal mekanik yang terjadi karena adanya daya mekanik yang bekerja atau mempengaruhi dinding usus yang nantiya  menyebabkan penyempitan/penyumbatan lumen usus. akibatnya tersumbat, dan dalamnya terdapat gas dan cairan, khususnya di daerah proximal. hal itu akan menyebabkan rangsangan terjadinya hipersekresi kelenjar pencernaan, yang membuat cairan dan gas tersebut akan meningkat.

Gejala utama

illeus obstruksi ialah mual muntah, umumnya pada obstruksi letak tinggi. obstruksi pada usus halus menimbulkan gejala seperti nyeri perut sekitar umbilikus / bagian epigastrium. Sedangkan Obstruksi pada kolon biasanya mempunyai gejala klinis yang lebih ringan dibanding obstruksi pada usus halus. Umumnya gejala berupa konstipasi yang berakhir pada obstipasi dan distensi abdomen. Muntah jarang terjadi. Pada tahap awal, tanda vital normal. Seiring dengan kehilangan cairan dan elektrolit, maka akan terjadi dehidrasi. Pada tahap lanjut dimana obstruksi terus berlanjut, peristaltic akan melemah dan hilang. Adanya feces bercampur darah pada pemeriksaan rectal toucher dapat dicurigai adanya keganasan dan intusepsi.

Gejala klinis

  1. Mual dan Muntah
  2. Nyeri perut, kejang perut
  3. Fases kadang disertai darah

Penatalaksanaan

Untuk menangani kasus penyumbatan usus ini satu-satunya cara  adalah melalui pembedahan, namun keadaan usus dan keadaan pasien menentukan tindakan bedah yang akan diterapkan. Pada umumnya penderita mengikuti prosedur penatalaksanaan yang tetap. Persiapan penderita berjalan bersama dengan usaha menegakkan diagnosa obstruksi ileus secara lengkap dan tepat. Sering dengan persiapan penderita yang baik, obstruksinya berkurang atau hilang sama sekali.sedangkan pada beberapa obstruksi ileus, kadang-kadang dilakukan tindakan operatif bertahap, baik oleh karena penyakitnya sendiri maupun karena keadaan penderitanya, misalnya pada Ca sigmoid obstruktif, mula-mula dilakukan kolostomi saja, kemudian hari dilakukan reseksi usus dan anastomosis.

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha

2 comments

  1. Nenek saya berusia 80 thn dan hsl diagnosa dokter menyatakan usunya kejepit/tersumbat.kondisi saat ini perut kembung besar,lemas,sesak nafas.apa yang dapat dilakukan?untuk operasi katanya kondisi pasien tidak memungkinkan.saat ini hanya diberi asupan vitamin2 dan antibiotik melalui infus karena tidak bole makan dan minum.

  2. di blas di Email