Home / Profil Penyakit / Kanker Usus

Kanker Usus

Difinisi

Kanker anus adalah penyakit yang berbahaya (kanker) dalam bentuk sel tisu dalam anus. Kanker anus timbul pada sel kulit di seputar dubur atau di garis sepanjang daerah peralihan antara dubur dan rektum (kanal anal).

Pathofisiologi

Penyebab kanker anal tak jelas, tetapi orang yang melakukan hubungan seks secara anal meningkatkan risiko, seperti orang yang mempunyai infeksi yang ditularkan secara seksual, khususnya human papillomavirus (HPV tipe 16) dan lymphogranuloma venereum.

Orang dengan kanker anal sering mengalami pendarahan sewaktu buang air besar, rasa sakit, dan kadang-kadang gatal seputar dubur. Sekitar 25% dari orang dengan kanker anal kadang-kadang tidak mempunyai gejala. Dalam keadaan ini, kanker ditemukan hanya selama pemeriksaan rutin.Terutama apabila ada gumpalan-gumpalan atau apa saja yang nampak tidak biasa, sebaiknya segera berkonsultasi ke Dokter

Gejala Klinis

Pendarahan dari anus atau dubur.

Sakit atau tekanan di daerah sekitar dubur.

Gatal-gatal atau banyak keluar lendir dari anus.

Bau yang tidak sedap dari anus.

Benjolan di dekat anus.

Perubahan kebiasaan BAB.

Penatalaksanaan

Pada umumnya Tiga jenis perawatan standar yang digunakan :

1.Terapi radiasi yang menggunakan energi tinggi sinar-x atau jenis lain radiasi untuk membunuh sel kanker.

2.Kemoterapi adalah perawatan kanker yang menggunakan obat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker, baik dengan membunuh sel atau dengan menghentikan pembelahan selnya.

3.Bedah Lokal resection: Sebuah prosedur bedah Tumor yang diangkat dari anus bersama dengan beberapa jaringan yang sehat di sekelilingnya. Lokal resection dapat digunakan jika kanker adalah kecil dan belum tersebar.

Abdominoperineal resection: Sebuah prosedur bedah anus, pada rektum, dan bagian dari usus sigmoid dibuang melalui torehan yang dibuat di bagian perut. Dokter memotong ujung usus dan menyambungkannya dibagian samping perut, yang disebut stoma, dilakukan di permukaan tubuh bagian perut untuk memudahkan kotoran keluar dan ditampung dalam sebuah kantong di luar tubuh. Hal ini disebut Kolostom.

Kanker Anus (web-version)

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha