Home / Profil Penyakit / Mengenali Gejala Klinis Kanker Prostat

Mengenali Gejala Klinis Kanker Prostat

Kanker prostat adalah bentuk kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam laki-laki sistem reproduksi. Sel-sel kanker dapat bermetastasis (menyebar) dari prostat ke bagian lain dari tubuh, khususnya tulang dan kelenjar getah bening. Kanker prostat dapat menyebabkan rasa sakit, kesulitan dalam buang air kecil, masalah selama hubungan seksual, atau disfungsi ereksi.

Pathofisiologi

Pembesaran prostat benigna (jinak) atau lebih dikenal sebagai BPH sering diketemukan pada pria yang menapak usia lanjut, 70% pria di atas usia 60 tahun.

Meskipun jarang mengancam jiwa, BPH (PROSTAT) memberikan keluhan yang menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Keadaan ini akibat dari pembesaran kelenjar prostat yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada leher kandung kencing, sumbatan ini lama kelamaan dapat menimbulkan komplikasi pada ginjal dan saluran kemih lainnya.

Gejala Klinis

Kencing harus dengan mengejan

2. Pancaran kencing lemah/pendek

3. Kencing menetes

4. Kencing tidak puas

5. Sering kencing pada malam hari

6. Sulit tidur karena sering kencing

7. Tahap lanjut sulit atau tak bisa kencing

Penatalaksanaan

Tujuan pengobatan pada pasien BPH (PROSTAT) adalah mengembalikan kualitas hidup pasien. Dalam menentukan pengobatan perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu jenis obat, pemilihan obat, dan evaluasi selama pemberian obat .

Sampai saat ini solusi terbaik pada BPH yang telah mengganggu adalah dengan cara pembedahan (Prostatektomi), yakni mengangkat bagian kelenjar prostat yang menyebabkan gangguan atau penyumbatan.

Prostatektomi terbuka (Pengangkatan prostat secara utuh / menyeluruh) merupakan cara yang paling efisien di antara tindakan pada BPH yang lain dan memberikan perbaikan gejala BPH sampai 98%, mengurangi resiko kekambuhan juga efisien secara pembiayaan operasi.

 

Prostat

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha