Home / Konsultasi Online / Penanggulangan Hemangomia

Penanggulangan Hemangomia

Bagaimana cara penanggulangan hemangioma?

Hemangioma buah arbei sebaiknya dibiarkan mengalami regresi spontan. Jadi, walaupun besar, mencolok dan tampak menakutkan, jenis ini tidak memerlukan tindakan selain pemasangan pembalut elastis dengan sedikit penekanan secara terus-menerus. Tindakan ini mempercepat proses regresi.

Bagaimana cara menanggulangi hemangioma jenis flameus?

Jenis flameus ditanggulangi dengan eksisi, kalau perlu ditambah dengan cangkok kulit. Dapat juga dilakukan perajahan (tatoasi) untuk menyamarkan warna. Penanggulangan dengan laser argon umumnya cukup memuaskan.

Bagaimana cara menanggulangi hemangioma jenis kavernosum?

Untuk hemangioma kavernosum, satu-satunya cara terapi ialah ekstirpasi. Pada jenis yang luas dapat dibantu dengan embolisa dengan panduan angiografi. Embriolisa membantu memperkecil tumor untuk mrmudahkan tindakan bedah. Kadang infiltrasi menyusup jauh ke dalam sehingga diperlukan pembedahan luas. Kelainan ini dapat kambuh dari sisa hemangioma yang sukar dicapai pada pembedahan.

Bagaimana cara mendiagnosis hemangioma?

Diagnosis hemangioma dapat dibuat dengan pemerikasaan ultrasonografi dan arteriografi selektif. Hemangioma kecil tanpa keluhan atau yang dijumpai pada waktu pembedahan tidak perlu diekstirpasi. Pembedahan dilakukan apabila ada keluhan atau bila ada resiko perdarahan.

Kenapa saat ini radiasi jarang digunakan pada kasus hemangioma?

Karena komplikasi jangka lama terapi radiasi, serta fakta bahwa kebanyakan hemangioma kapiler akan beregresi. Terapi dengan kortikosteroid sistemik dalam dosis besar kadang-kadang akan menimbulkan regresi pada lesi yang tumbuh cepat.

Apakah yang dimaksud dengan nevus port wine pada hemangioma?

nevus port wine merupakan masalah kosmetik yang sulit akibat hemangioma.

Terapi apa yang digunakan untuk mengatasi masalah nevus port wine?

Penggunaan laser telah menyokong terapi lesi ini dan diharapkan bahwa terapi tersebut akan mencegah kebutuhan pembedahan yang luas dan pencangkokan. Kosmetik bermanfaat dalam kasus lesi kecil.

Apakah komplikasi yang bisa terjadi pada hemangioma kavernosum?

Jenis kavernosum bias meluas dan menyusup ke jaringan sekitarnya, oleh karena itu jaringan di atas hemangioma dapat mengalami iskemia sehingga mudah rusak oleh iritasi misalnya didaerah perineum dan menimbulkan tukak yang sulit sembuh dan kadang berdarah.

Pada hemangioma simpleks yang terdapat pada mata, mengapa selama menunggu regresi harus diusahakan agar mata kena rangsang cahaya?

Karena untuk menghindari terjadinya ambliopati pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha