Dokter Bedah Malang

Pusat informasi dan edukasi penanganan bedah

Poster Ambeien/Hemoroid

Penjelasan Tentang Pengobatan Ambeien / Hemoroid

Secara anatomi Ambeien atau Wasir dalam istilah medisnya disebut Hemorroid bukanlah suatu penyakit, melainkan perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di sekitar dubur, berupa pelebaran vena di dalam pleksus hemorroidalis, atau pembengkakan pada pembuluh darah dan jaringan sekitar lubang anus  yang menyebabkan rasa  nyeri / sakit, dan sering disertai rasa gatal disekitar jaringan pembengkakan tersebut.

Hemoroid dibagi dua yaitu:

A. Hemoroid Internal

Pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba, tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Tetapi bila Hemoroid internal ini membesar dan keluar ke bibir anus akan menyebabkan kesakitan.

B. Hemorroid Eksternal

Merupakan pelebaran dan penonjolan pleksus hemoroid (anyaman pembuluh darah)

di dalam jaringan di bawah epitel anus, menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal.

Pathofisiologi

Penyebab Hemoroid / Ambeien karena terjadinya perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan ini sebagai klep/katup yang membantu otot-otot dubur menahan feses. Bila terjadi gangguan (bendungan) aliran darah, maka pembuluh darah akan melebar dan membengkak. Berkurangnya aliran pembuluh darah balik dianggap sebagai mekanisme terjadinya gejala Hemorrhiod. Adapun faktor-faktor yang ditengarai dapat memicu terjadinya Hemorroid adalah sebegai berikut :

1. penyakit Ulcerative colitis and Crohn disease

3. Kehamilan karena perubahan hormonal

4. Obstipasi (konstipasi/sembelit) yang menahun.

5. Sering Mengejan,misalnya karena sering melahirkan anak.

6. Penekanan kembali aliran darah vena, seperti pada kanker dubur, radang dubur, penyempitan dubur, kenaikan tekanan pembuluh darah porta (di dalam rongga perut), sakit lever jenis sirosis (mengkerut), lemah jantung, dan limpa bengkak.

7. Banyak duduk / Sering duduk terlalu lama.

8. Diare menahun.

9.Peregangan, misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.

Gejala Klinis Ambeien /Hemoroid

Keluar darah segar dan memancar saat BAB

Keluar benjolan dapat masuk (stadium I & II)

Benjolan tidak dapat masuk (stadium II s/d IV)

Pucat / Anemis (Pendarahan terus menerus)

Nyeri pada anus (Infeksi / Trombosis)

Penatalaksanaan

Metode Non Operasi antara lain : Ligasi dengan ikatan Barron, Injeksi Skleroterapi, Photocoagulation Inframerah, Laser Ablation, Carbon Dioxide Freezing / Bedah Beku / Krio, Lord Dilatation, Stapled Hemoroidectomy.

Metode Pembedahan : Tindakan pembedahan diperuntukkan bagi pasien dengan derajat III atau IV, pasien yang gagal dengan metode non Operatif, dan bagi pasien dengan Hemoroid yang telah akut.

Panduan Singkat dapat anda lihat pada gambar di awah ini

Poster Ambeien/Hemoroid

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha

Comments are closed.