Home / Profil Penyakit / Penyakit Gondok

Penyakit Gondok

Definisi

Penyakit gondok, struma, adalah pembengkakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) dan terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.

Pathofisiologis

Kebanyakan penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Unsur yodium sangat penting bagi perkembangan sel-sel tubuh termasuk kesehatan otak. Yodium sendiri dibutuhkan untuk membentuk hormon tyroid yang nantinya akan diserap di usus dan disirkulasikan menuju bermacam-macam kelenjar. Kelenjar tersebut diantaranya adalah : Kelenjar susu, Plasenta, Kelenjar air ludah, Kelenjar gondok, dan lain-lain.

Sebagaian besar unsur yodium ini dimanfaatkan pada kelenjar gondok/kelenjar tiroid dimana fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang.. Jika kadar yodium di dalam kelenjar gondok kurang, maka akan berpengaruh pada kinerja kelenjar gondok tersebut. Apabila kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal (Hipertiroid) biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan.

Gejala klinis

Benjolan di leher bagian depan

Bergerak saat menelan

Bisa satu sisi atau kedua sisi

Suara parau, sesak nafas, gangguan menelan, teraba keras, gerak terbatas

Penatalaksanaan

Salah satu cara penanganan gondok selain pengobatan medis biasa adalah dengan cara operasi khususnya pada kasus gondok akut dimana benjolan gondok sudah lama dan mengeras, dan .penderita penyakit gondok selalu kelihatan gemetar, gelisah dan matanya menonjol ke luar, keadaan ini merupakan tanda jenis gondok yang berbahaya, yang harus segera ditangani secara lebih serius.

Gondok (web-version)

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

Subjek

Pesan Anda

Upload Foto

Validation
captcha

One comment

  1. teriMakasih ilmunya dok, aq akan sering berkunjung k web ini